Petualangan menembus hingga ke Nol Kilometer bersama Terios

5 Nov 2012

747a4431f17dff4301f430984a3acfca_001-1

Terpampang dihalaman blogdetik tentang kisah mobil sahabat petulang, rasa penasaran menggelitik saya, dan sayapun menikmati rangkaian cerita yang tersaji di situs daihatsu.co.id tentang perjalanan untuk menjelajahi keindahan alam Sumatera hingga titik Nol Kimometer di Sabang yang diberi tema petualangan Terios 7 Wonders, sungguh petualangan yang membuat saya berdecak kagum. Kagum terhadap teamnya yang pantang menyerah, kagum sama mobil Daihatsu Teriosnya yang kuat meski rintangan menghadang dan tetap melaju dengan gagah, kagum sama lokasi yang dipilih sebagai wilayah jelajahnya yang menyimpan kekayaan dan panorama alam yang memikat. Rasa kagum ini terlebih lagi karena petualangan ini sungguh manakjubkan karena mampu menempuh jarak 3.657 Km jauhnya.

Perjalanan yang diawali pada tanggal 10~Oktober~2012 itu digawangi oleh 10 orang personil dengan menunggangi 3 unit Daihatsu Terios Hi~Grade Type TX AT (2 unit) dan type TX MT (1 unit) dan berkahir pada tanggal 24~Oktober~2012 telah meretas cerita nyata bahwa Daihatsu Terios merupakan sebagai sahabat petualang yang sejati dan handal.

Petualangan ini tidak semata hanya untuk mendulang dan mengecup keindahan alam yang tersuguh dengan segala pesona dan daya tariknya, tapi lebih dari itu, petualangan ini membawa beberapa misi sekaligus yaitu sebagai berikut:

Misi Pertama : Menguji ketangguhan Daihatsu Terios dengan segala tantangan yang menghadang disegala medan yang dilaluinya.

d697272290f39a9f325b7c9cc541c8a6_terios-keren

Perjalanan ini merupakan sebuah pengembaraan yang tidak hanya memanjakan mata dengan keindahan alamnya yang memikat, namun juga sebuah perjalanan yang menguji adrenalin yang begitu mendebarkan karena jalanan yang dilalui dalam petualangan ini menyuguhkan karakter medan dan alur yang bervariasi dan semua tantangan itu terbentang didepan mata dengan jelas, medan yang dilalui tidak selalu mulus namun berlubang, curam, terjal, mendaki, berliku, berkelok~kelok dan penuh kerikil berbatu, belum lagi hujan dan kabut mewarnai perjalanan ini dan kian menyumbang andil sebagai tantangan yang harus ditaklukan.

771c7783c10bef0a1d68fbbc0153105a_kumfot-2

Kendala seperti itu menjadi penguji ketangguhan dari performa dari mesin Daihatsu Terios dalam menaklukan medan yang dilaluinya. Namun semua ujian itu mampu dilewati oleh para team dan Daihatsu Terios dengan perjuangan yang pantang menyerah. Hal ini terbukti dengan keberhasilannya untuk mendarat dengan manis ditujuan Akhir yaitu tugu “Nol” Kimometer yang berada di Sabang dengan selamat.

Daihatsu Terios benar~benar melaju dengan gagah untuk menuntaskan misi petualangan yang menyenangkan. Hal ini karena Daihatsu ini mempunyai 7 wonders yang memang dirancang dengan keistimewaan yang luar biasa. Adapun 7 wonders yang dimiliki oleh Daihatsu Terios ini adalah sebagai berikut :

b00115383d93e3526574392e4fcd2cf9_1Mobil Daihatsu Terios ini dirancang dengan menyediakan 7 kursi penumpang sampai dengan baris ketiga, sehingga membuat Terios ini cocok digunakan sebagai SUV (Sport Utility Vehicle) dan juga cocok digunakan untuk mobil keluarga. selain itu memiliki kemampuan One Touch Tumble di kursi baris ke-2 sehingga membuat akses keluar-masuk orang lebih mudah dan penyusunan bagasi menjadi lebih fleksibel.

a753d1cb4c6ffe2bcd555d2d4d134d85_2

Selain itu Daihatsu Terios ini memiliki sistem Audio yang dirancang sangat keren untuk menemani perjalanan, karena sudah dilengkapi dengan sistem pengoperasian audio di stir pengemudi sehingga memilih lagu kesukaanpun sangat mudah dilakukan. sehingga dengan adanya sistem audio yang keren, bisa menjadi teman menemani yang asyik untuk membunuh jenuh di perjalanan.

6435f0d061b72ac77ba5956d7b4e9e98_3

Daihatsu Terios ini memiliki tampilan yang sangat menawan, sangat macho ketika memacu jalanan sehingga memberikan perasaan bangga ketika mengendarainya. Dan Terios ini tetap tangguh meski dengan kondisi jalur yang rusak sekalipun terbentang dihadapannya.

a74c424476bad95c407a2b140b084af3_4 Mobil Daihatsu Terios inipun dirancang dengan ground clearance yang tinggi untuk memberikan rasa nyaman meski menghadapi jalanan yang tidak rata atau bergelombang, tetap tegar mendaki tanjakan yang terjal, tetap kuat menaklukan alur yang berliku ataupun tetap prima untuk melalap semua kerikil dan batu yang menghadang.

389373a55d72d64a6fb1a3bb75098cae_5

Dengan adanya Electric Power Steering (EPS) yang dimiliki oleh Daihatsu Terios sehingga memberikan kemudahan pada saat kendaraan menghadapi kondisi jalan yang bermasalah, EPS memiliki fungsi untuk meringankan putaran kemudi saat kendaraan belum berjalan atau ketika dalam kecepatan rendah, selain itu memberikan kemudahan dalam mengendalikan konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

eb90368068a59a290f2dd36997671f7d_6 Daihatsu Terios ini sangat memanjakan penggunanya dengan menghadirkan rasa nyaman ketika mengendarainya. Meski mengalami guncangan ketika melalui jalanan yang tidak rata Terios dengan adanya suspensinya tetap bisa meredam getaran yang ditimbulkan guncangan tersebut. selain itu dapatmenyalurkan tenaga dorong dan tenaga pengereman sehingga dapat menjaga roda agar posisinya benar selaras denagn bodi mobil.

50067efbd723300f048275abcca1118e_7 Dengan menggunakan mesin 1,5 DOHC VVT-i membuat Daihatsu Terios memiliki performa yang makin unggul, sehingga membuat Terios kian tampil memukau saat dikendarai. selain itu seperti yang diakui team petualang di situs Daihatsu.co.id, kekuatan mesin yang dimilki Terios tersebut ternyata cukup handal meski beberapa kali Terios terjerembab dilubang jalan, namun tak ada masalah yang berarti. Akselerasi ditanjakan maupun ketika menyalip kendaraan yang ada didepannya baik yang memakai girboks matik maupun manual tetap terasa bertenaga.

Jadi dengan melihat 7 keunggulan dan kehandalan Daihatsu Terios ini dalam menggagahi setiap rintangan dengan sempurna maka Terios ini patut dijadikan sebagai pilihan yang tepat buat orang-orang yang memiliki hobi berkelana dengan jarak tempuh yang jauh dan medan yang mengguncang adrenalin, karena seperti yang telah dibuktikan oleh team petualang yang mengukir cerita selama 15 hari perjalanan dengan menembus Sumatera hingga ke Sabang dimana ketahan fisik dengan mesin yang tangguh benar~benar telah teruji dengan nyata. Terios Benar~benar mobil yang tepat sebagai sahabat sejati untuk petualang. Namun mobil Daihatsu Terios ini juga tak salah jika dipilih sebagai mobil keluarga karena bisa menampung banyak orang didalamnya. Buat usaha apalagi, pasti sangat cocok karena bisa memuat banyak barang didalamnya. Jadi intinya mobil Daihatsu Terios ini cocok disegala suasana dan disetiap kondisi :)

Misi Kedua : Mengungkap surga kopi yang tersembunyi

Pulau Sumatera hingga Sabang dijadikan sebagai terget petualangan ini bukan saja karena keindahan alamnya yang molek, tapi Sumatera hingga Sabang juga dikenal sebagai wilayah penghasil kopi berkualitas atau bisa dikenal sebagai surganya untuk kopi bermutu tinggi “Sumatera Coffee Paradise” bisa dibilang begitu. Makanya sepanjang rute perjalanan dari Sumatera hingga ke Sabang terhampar banyak cerita tentang 7 lokasi tentang tambang~tambang kopi dengan citarasa yang sungguh istimewa. Adapun 7 lokasi yang luar biasa dengan segala keunikannya tersebut adalah sebagai berikut:

1. Liwa

b47566f5221a840fa133a47a4ea3b34a_kopi-luwak-liwa-lampung

Liwa yang ada di Lampung Barat ini merupakan salah satu wilayah yang menyimpan surga kopi dengan cita rasa yang istimewa, Terbukti dengan adanya dua macam varian aroma kopi yaitu kopi gingseng dan kopi pinang yang merupakan dua rasa kopi yang menjadi andalan di Liwa. Kopi ini diklaim punya khasiat yang bagus untuk kesehatan. Salian itu, Liwa juga terkenal dengan Kopi luwak yaitu kopi yang tercipta dari kopi pilihan yang dimakan oleh Musang, tidak semua kopi akan dimakan oleh musang hanya kopi yang matang berwarna merah sempurna dan yang tenggelam saat direndam. Proses kopi luwak ini melalui beberapa fase, setidaknya minimal 6 jam mengalami fermentasi didalam pencernaan musang, kemudian dikeluarkan kembali melalui feses dalam bentuk sekumpulan biji. Biji-biji tersebut kemudian di bersihkan dan dikeringkan kembali menjadi langkah selanjutnya sebelum dikirim ke pengolah kopi dan siap dipasarkan. Dan Konon katanya Kopi Luwak ini memiliki harga jual yang selangit alias mahal dan sudah melanglang buana hingga kemancanegara.

2. Lahat

a211764833c517a9a8559d5fa5eb044a_kopi-lahat3Lahat adalah kota tertua di Sumatera inipun merupakan penghasil kopi yang memiliki rasa yang memikat hati, Kopi Lahat ini memiliki aroma yang khas dengan proses pengolahan kopi yang begitu sederhana. Di kabupaten Lahat banyak terdapat kebun kopi namun pemasarannya dikuasai oleh tengkulak maka harga beli kopi dari petani kerap dipermainkan. Sehingga banyak petani yang mulai meninggalkan kebun kopi, namun tradisi minum kopi di kota Lahat tetap berlangsung hingga sekarang dengan usia yang sudah sampai 130 tahun.

3. Pagar Alam

92d0fbccf6bbeebb6af6554d2ed76280_kopi-pagar-alam-2

Wilayah ini juga merupakan penghasil kopi dengan aromanya yang khas dan lebih lembut saat diminum. Dan konon katanya kopi Pagar Alam ini memiliki kenikmatan dan rasanya tidak bisa dilupakan. Dan wilayah Pagar Alam ini disepanjang kiri dan kanan jalannya selain ditanami kopi, terdapat rimbunan tanaman teh namun selain itu juga ada persawahan yang lumayan luas. Sehingga Pagar Alam ini selain surganya kopi dan teh, Pagar Alam ini merupakan sebagai salah satu lumbung padi di Sumatera Selatan karena kesuburan tanahnya yang luar biasa.

4. Empat lawang

17e44e7a97d916a6935618ff5e981ef2_empatlawang-2Empat lawang yang merupakan daerah hasil pemekaran dari kota Lahat ini merupakan kota kopi sesuai dengan slogannya “Kopi adalah salah satu komoditas andalan kabupaten Empat Lawang” jadi kopi didaerah ini merupakan komoditi andalan masyarakatnya dan Kabupaten Empat Lawang ini merupakan satu-satunya kabupaten yang memakai biji kopi sebagai maskot daerahnya bahkan kabupaten ini untuk menunjukan kecintaannya terhadap kopi telah menciptakan batik dengan motif biji kopi yang dipakai oleh para pegawai di seluruh pemerintahan. Kopi yang dihasilkan oleh kota Empat Lawang ini sungguh sangat unik karena merupakan hasil percampuran atau persilangan kopi jenis Arabica dan kopi jenis Robusta. Sehingga wujud aslinya Robusta tapi aromanya Arabica. Selain biji kopi yang bisa diminum, kayu dan daun kopipun bisa disulap menjadi kerajinan souvenir dengan cita kreasi yang unik.

5. Curup

ab2f8ccbb7c160adbba43a4f5f7af368_kopi-curup-2Curup merupakan salah satu sentra penghasil kopi di daerah Bengkulu namun selain kaya akan kopi namun durianpun tumbuh subur di sepanjang jalan didaerah ini. Kopi Curup asli banyak disukai warga setempat karena rasanya khas dan ampasnya bisa diseduh kembali. Kopi jenis robusta menjadi kopi yang mendominasi perkebunan di Curup ini. Namun kopi Curup lebih dikenal atau lazim disebut dengan nama Kopi Bengkulu.

6. Mandailing Natal

a98b37a2e0626ca0c8804e4430469264_kopi-mandailing-2Daerah ini dalam sejarah perkopian Indonesia menjadi pusat kopi Arabica pertama kali di tanam terutama di Desa Pakantan - Mandheling Natal dan juga di Desa Simpang Banyak Jae Ulu Pulud. Namun desa Simpang Banyak Jae Ulu Pulud ini berada di lembah di antara dua bukit sehingga terkesan seperti desa yang hilang. Selain Kopi jenis Arabica jenis kopi lain yang tumbuh di daerah ini adalah kopi Robusta. Dan kono katanya, kopi Mandailing Natal merupakan industri pertama kopi di Bumi Andalas dan Kopi Mandailing ini menjadi andalan ekspor hingga Eropa terutama Austria.

7. Takengon / Gayo

feb95d90df18791f87eacd0e188daf38_kopi-takegon-2Daerah Takegon ini berada di Aceh. Kopi yang dihasilkan oleh Takengon lebih kondang dengan sebutan kopi Gayo. Kopi jenis Arabika mendominasi perkebunan kopi di Takegon ini, Ada dua jenis kopi Gayo yang sangat tersohor di Takegon ini, yaitu kopi Gayo Blendeed dan ada juga kopi dari Luwak liar yang sekarang mulai ramai digemari banyak orang. Aroma dan cita rasa kopi Gayo ini tidak sekadar bernuansa local saja namun sudah membahana hingga mancanegara terutama di Eropa Timur dan juga Amerika.

Petualangan ini sungguh telah membuka mata dan hati kita, untuk semakin bangga dengan kekayaan alam Indonesia yang sungguh luar biasanya terutama dengan kopi-kopinya yang memiliki citarasa yang istimewa seperti yang diuraikan diatas. Namun rasa prihatin berkelebat dihati kita pastinya, karena masih banyaknya tengkulak yang menguasai para petani kopi, Semoga ulur tangan pemerintah bisa membantu petani kopi untuk terhindar dari para tengkulak yang merugikan para petani kopi. Supaya petani tetap giat untuk menanam dan merawat tanaman kopi mereka dan jangan sampai surga kopi (Coffe Paradise) di tanah Sumatera hingga Sabang ini menjadi hanya sebuah dongeng dikemudian hari. Untuk itu dukungan kita semua diharapkan bisa mewujudkan kopi Indonesia kian tumbuh kuat dan berkibar kian gemilang dimata Internasional. Amiiin :)

Misi Ketiga : Berdaya guna untuk sesama (Kegiatan Sosial)

Dalam rangkaian petualangan ini, diselipkan juga misi sosial untuk membantu masyarakat, seperti menyerahkan bantuan kepada para posyandu dan UMKM. Adapun Posyandu yang menerima bantuan adalah Anak Bangsa, Mekar Sari, Damai, Flamboyan dan Candra. Sedangkan UMKM yang mendapat bantuan adalah Tiara, Ikan Pais “Ibu Jumi”, Jepara Maju, Keripik Ikan EZ dan Kopi Bubuk Mandela.

Selain itu kegiatan sosial yang dilakukan oleh team petualang adalah memberikan hewan kurban untuk masyarakat yang kurang mampu yang berada di sekitar Mesjid Raya Banda Aceh, hal ini sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas kesuksesan dan keselamatan mereka selama menjalani petualangan yang begitu melelahkan namun tetap seru dan menyenangkan. Sungguh petualangn ini merupakan sebuah perjalan yang multiguna, atau bisa dibilang sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui, sekali jalan banyak manfaat yang bisa dipetik. Good Job :)

be10727394d2d0b29fd2814c54f0df49_kumfot-4

Semoga petualangan Sumatera hingga titik Nol Kilometer di Sabang ini menjadi titik awal dan diharapkan akan ada petualangan Terios season berikutnya untuk mengungkap keistimewaan wilayah-wilayah lain di seluruh pelosok Indonesia ini. Amiiin :)

***

Referensi : daihatsu.co.id


TAGS Mobil Sahabat Petualang Terios 7 Wonders Coffee Paradise


-

Author

Search

Recent Post