Segelintir harap untuk Indonesia yang bersinar

6 Oct 2012

b5dad2c0c39b654b3b2f6c4d884d9dd1_gmbr-lampu1

Listrik merupakan kebutuhan yang tak bisa di pandang sebelah mata karena listrik sangat memegang peranan penting dalam keseharian kita bahkan listrik adalah salah satu tombak untuk mewujudkan pembangunan nasional yang merata di segala bidang untuk seluruh masyarakat.

Kehadiran listrik seiring waktu membuat manusia menjadi ketergantungan pada ketersediaannya. Lihat saja, jika listrik padam meski hanya sejam, sudah bisa dipastikan banyak perusahaan yang mendadak lumpuh karena menanggung kerugian yang tak sedikit. Untuk itu, tenaga listrik tak bisa di pungkiri bahwa seiring jaman melangkah maju kebutuhan listrik kian menempati posisi prioritas.

Untuk itu, kiranya Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini perlu kerja keras untuk meningkatkan kinerjanya karena mengingat kebutuhan masyarakat atau menyangkut hajat hidup orang banyak yang menggantungkan harapannya pada PLN.

Begitupun saya pribadi, mempunyai harapan kepada PLN yang mungkin sama dengan masyakat kebanyakan. Adapun harapan itu adalah sebagai berikut:

Pertama : Listrik Merata Untuk Seluruh Masyarakat

Listrik hendaknya bukan hanya menjadi monopoli kaum perkotaan saja, karena sebagai mana yang kita tahu, masih banyak daerah dan desa terpencil yang masih jauh dari penerangan listrik, jikapun ada yang sudah tersentuh oleh listrik, mereka tak bisa menikmati keberadaan listrik full 24 jam seperti di perkotaan. Mereka hanya menikmati listrik hanya pada malam hari saja. Tapi mereka mungkin masih dikategorikan sedikit beruntung, cobalah kita lihat jauh ke daerah pelosok masih banyak yang belum tersentuh oleh Listrik sama sekali. Jadi kiranya, ini mejadi PR besar buat para manajemen PLN untuk mewujudkan listrik yang merata untuk seluruh nusantara.

Kedua : Harga Listrik bisa lebih murah

Saya pernah menonton sebuah acara di televisi, ada orang yang masih hidup dalam temaram lampu minyak seadanya meski tetangga di sekitarnya sudah memasang listrik, namun ketika ditanya kenapa tidak memasang listrik, dia menjawab tidak bisa memasang listrik karena biaya pemasanangan listriknya terlalu mahal. Semoga alasan senada tidak menimpa ketika mau menaikan ataupun penambahan daya listrik, masalah semacam ini bagi orang-orang berada alias kaya mungkin tidak menjadi masalah, namun buat orang yang masih dibawah garis kemiskinan tentu saja hal ini sangat memberatkan bagi mereka. Dan inipun menjadi tantangan tersendiri bagi PLN bagiamana supaya listrik bisa juga dinikmati oleh mereka yang tidak mampu tapi dengan biaya yang murah.

Ketiga : Pentingnya perawatan peralatan dan perlengkapan listrik secara rutin

Sebagaimana yang pernah saya rasakan, juga masyakat luas, pemadaman listik bergilir sering terjadi karena adanya kerusakan ataupun kebakaran alat atau gardu Listrik. Belajar dari kasus tersebut, saya menyarankan untuk selalu secara intensif dan rutin bagi pihak PLN untuk mengecek semua peralatan dan perlengkapan untuk penyediaan listrik tersebut dan jangan menunggu kerusakan dulu baru ditindak lanjuti. dan jika peralatan sudah mulai terlihat ujur ini mungkin pihak PLN bisa melakukan peremajaan untuk peralatan dan perangkat tersebut. Seperti pepatah yang sering kita dengar, Mendingan sedia payung sebelum hujan. jadi mendingan mengantisipasi sebelum kejadian.

Keempat : Mencari Sumber Listik Alternatif

Indonesia memang sebagaimana yang kita ketahui sebagai negara yang sangat berlimpah kekayaan alam termasuk minyak buminya. Namun tak mustahil akan habis seiring dengan pertumbuhan penduduk dan permintaan akan listrik yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk itu, PLN mungkin bisa memikirkan sumber Alternatif lain untuk pasokan listrik. Sebagai salah satu contoh saja, Seperti yang pernah saya baca disebuah artikel (lupa kapan) ada sebuah wilayah di Korea Selatan yang menjadikan sampah sebagai sumber pembangkit tenaga listrik, sampah bisa menerangi wilayah itu, sungguh mencengangkan. hal semacam ini kiranya bisa juga dilakukan oleh PLN, apa lagi kita tahu, Indonesia banyak sampahnya, bukan bangga dengan sampah dinegeri ini, tapi kita bisa belajar, bagaimana melihat hal yang mungkin tidak bermanfaat bagi kebanyakan orang tapi justru menjadi sesuatu yang berguna bagi masyarakat banyak, jadi mungkin keberhasilan Korsel tersebut bisa di jadikan acuan, ataupun keberhasilan dari negara-negara lain yang berhasil menyumbang pemasokan listrik dari berbagai sumber alternatif seperti angin, air dan lainnya.

Bahkan dinegeri kita sendiri yang pernah juga saya lihat di televisi, sudah ada beberapa daerah yang menyediakan listrik dengan sumber listrik alternatif seperti air, mungkin keberhasilan wilayah-wilayah tersebut bisa di dukung, di kembangkan dan terus dibantu oleh PLN supaya bisa diikuti oleh kelompok masyarakat lain.

Kelima : Berikan sosialisasi jika listrik mati bergiliran dalam waktu yang lama

Jika listrik mati mendadak karena sesuatu hal seperti adanya kebakaran, atau karena hujan, banjir dan angin topan yang memaksa pihak PLN untuk langsung memutuskan listik itu mungkin masih bisa kita maklumi, tapi jika listrik mati secara bergiliran, mendadak dan dalam waktu yang relatif lama, sebaiknya pihak PLN memberikan sosialisasi kepada masyakat sehari atau beberapa jam sebelum pemadaman, entah melalui selebaran yang ditempelkan di banyak tempat, atau mungkin juga bisa menghubungi pihak RT atau RW setempat untuk mengumumkan kepada warganya mungkin lewat mesjid atau mushola. Hal ini dilakukan supaya setiap orang bisa mengakali pemadaman listik tersebut dan tidak panik ketika listrik mendadak mati.

Keenam : Tidak ada pemadaman listrik secara bergiliran lagi

Ketergantungan akan ketersediaan listrik memang tak bisa di pungkiri lagi. listrik mati dunia jadi galau, begitulah teman saya pernah bikin status di sebuah jejaring sosialnya. Dan sayapun mengangguk setuju, bagaimana tidak galau, banyak aktifitas yang mendadak terhenti seketika. Misalnya saja, mau main games tidak bisa, nonton TV juga tidak bisa, mau mandi tidak bisa karena air mati, mau tidur gerah ACnya mati, mau sms or tlp juga bbm teman atau pacar tidak bisa karena handphone lowbat. Itu hanya sedikit dampak dari pemadaman listrik. Gimana jika menimpa perusahaan~perusahaan besar? Sudah dipastikan kerugian sudah menanti didepan mata. jadi pemadaman Listrik seperti ini bisa di cari solusinya oleh PLN supaya tidak lagi sering terjadi sehingga meresahkan dan merugikan masyarakat.

Ketujuh : Berikan sosialisasi penggunaan listrik yang aman

Sudah sering kita dengar kebanyakan penyebab kebakaran adalah adanya arus pendek listrik, atau konslet. Untuk itu hendaknya PLN melakukan sosialisasi dan memberikan penjelasan kepada masyarakat luas tentang cara penggunaan peralatan listrik yang aman, yang ramah lingkungan dan tentu saja hal~hal apa saja yang perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kebakaran yang diakibatkan oleh arus pendek listrik. hal ini perlu dilakukan mengingat tak sedikit harga benda bahkan nyawa yang melayang karena kebakaran seperti ini.

Kedelapan : Berikan sosialisasi jika ada inovasi baru

Jika ada sesuatu inovasi baru yang ingin diterbitkan atau diluncurkan oleh PLN hendaknya dilakukan sosialiasi yang luas. Misalnya saja tentang Listrik pra bayar, tak semua orang termasuk saya, memahami betul apa manfaat dan kerugian yang terjadi jika memasang listrik pra bayar. Untuk itu pihak PLN sebaiknya melakukan sosialisasi yang berkaitan dengan listrik pra bayar untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat luas termasuk ke pelosok~pelosok desa. Supaya masyakarat bisa mengerti apa untung ruginya dengan menggunakan listrik prabayar tersebut. dan begitu juga jika ada inovasi lain, hendaknya dilakukan publikasi yang luas dan merata.

Kesembilan : Adanya Transparansi tanpa KKN

Pengelolaan keuangan dan keuntungan dari PLN hendaknya benar-benar bersih, tidak diselewengkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, kejujuran dan transparansi ini tentu saja maksudnya supaya negara dan masyarakat tidak dirugikan. Namun seperti yang di lansir di situs plnbersih.com, rupanya manajement PLN mempunyai niat dan komitmen untuk menjalankan korporasi yang bebas dari Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN) dengan menegakan Good Corporate Governance (GCG) dalam menyediakan tenaga listrik bagi masyarakat.

Untuk mendukung niatan tersebut, Managemen PLN berusaha menjalin kerja sama dengan organisasi anti korupsi yaitu Transparency Internasional Indonesia (TII). Langkah ini tentunya perlu kita dukung penuh supaya kedepannya PLN ini bisa benar~benar meraih impian mulianya untuk menjadi perusahaan yang bebas dari KKN sehingga menjadi PLN yang bersih.

Namun niatan dan harapan untuk mewujudkan PLN bersih tidaklah gampang, karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa PLN ini merupakan perusahaan besar yang terdiri dari banyak pihak yang saling terkait dan bekerja sama, namun hal ini juga tidak bisa di jadikan pembenaran sebagai lambannya langkah menghapus atau mencegah tindak KKN di tubuh PLN jika memang ada.

Menjujung tinggi kejujuran yang tengah diupayakan oleh manajement PLN ini memberi harapan kepada masyarakat Indonesia dan semoga apa yang diimpikan ini tidak hanya menjadi janji manis saja tanpa realisasi yang nyata, jika ternyata memang ada oknum yang melakukan KKN hendaknya pihak PLN tidak menutup-nutupi kasus tersebut tapi bisa bekerja sama dengan pihak yang berwajib supaya oknum yang bersangkutan bisa mempertanggung jawabkan perbuatannya di balik jeruji besi sekalipun.

Besar harapan dan kepercayaan saya semoga manajemen PLN terdiri dari orang~orang yang memang kompeten dan mempunyai kualitas serta sikap yang profesional dan memiliki tanggung jawab yang besar. Sehingga sistem kerja yang baik yang di bangun oleh PLN untuk bekerja sama dengan TII ini mampu untuk menumpas KKN sehingga tidak akan ada oknum yang melakukan kecurangan apapun dan mengkhianati hati nurani rakyat.

Kesepuluh : Terus meningkatkan pelayanan

Untuk manajemen PLN diharapkan untuk terus meningkatkan profesional kerja dan tidak berbelit-belit dengan birokrasi dan administrasi yang memusingkan pelanggan. selain itu, Di tuntut kejujuran dan sikap keterbukaan untuk memberikan pelayanan terbaik tanpa adanya penipulasi dalam bentuk apapun yang merugikan masyarakat.

Sebagai salah satu contoh, dulu pembayaran tagihan listrik cukup merepotkan karena harus antri di suatu tempat yang di tunjuk oleh PLN. Namun sekarang untuk bayar listik bisa lewat ATM sehingga lebih praktis, semoga inovasi pelayanan semacam ini bisa dirasakan oleh masyarakat luas termasuk di desa-desa terpencil.

Kesebelas : Terus belajar dan tidak cepat puas

Keinginan PLN yang ingin bersih tanpa KKN ini semoga bukan hanya sebuah harapan kosong tapi bisa diterapkan dalam sikap kedisplinan dan kejujuran dalam meningkatkan ketegasan untuk memangkas para oknum yang melakukan KKN tanpa pandang bulu.
Seiring dengan itu juga harapan PLN untuk terus menjangkau pelosok~pelosok daerah untuk mensuplay energi listrik sekarang memang perlu kita dukung, untuk itu PLN terus diminta untuk tidak cepat puas, terus belajar dan berkreasi untuk menciptakan inovasi-inovasi baru yang bisa menciptakan pelistrikan Indonesia yang kian lebih baik yaitu PLN bisa menerangi seluruh negeri Indonesia tanpa terkecuali bisa cepat terwujud.

Semoga dari segelintir harapan saya ini bisa mewakili hati masyarakat Indonesia untuk menjadikan PLN menjadi lebih baik dalam pelayanannya dan juga terbebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme yang merugikan masyarakat Indonesia. Amiiiiin.

DIRGAHAYU PT. PLN (Persero) :)

0a05188f4c514c7f8247f7fa444475e3_plnlogo

6f4ec633d8b8c56cf75a39ab74e898b3_akudanpln


TAGS PLN Harapan untuk PLN


-

Author

Search

Recent Post